Selamat Datang!!

Rabu, 02 Januari 2013

Fenomena Gangnam Style

 Dunia Dilanda Demam Gangnam Style

Gangnam Style adalah gaya tari orang yang sedang naik kuda dan sesekali tangannya berputar-putar seolah sedang memegang tali laso seperti bersiap melemparkan tali ke sasaran. Istilah Gangnam Style bahkan sudah dimasukkan dalam Kamus Perkotaan oleh majalah Time.

Gaya Gangnam atau Gangnam Style berarti ciri khas tarian Psy "tarian kuda-kuda" layaknya orang sedang naik kuda. Gangnam Style membuat musik K-pop merebut perhatian banyak pengamat. Demam model Gangnam pun merambah Amerika Serikat dan Eropa. Di jejaring sosial YouTube, klip videonya telah diklik sedikitnya 175 juta orang. Fenomenal.

Di Indonesia, yang juga sedang dilanda demam K-pop dengan banyaknya boyband dan girlband tak mau ketinggalan. Sebut saja salah satunya Cherry Belle yang amat menyukai gaya koreografi kocak Psy dengan Gangnam Style-nya itu. Aksi Gangnam Style pun pernah digelar di bundaran Hotel Indonesia, Jakarta baru-baru ini dan diikuti ratusan orang tua dan muda layaknya sebuah aksi flashmob.

Sambutan meriah dari seluruh dunia itu juga tidak datang begitu saja. Setelah 12 tahun Psy malang melintang di dunia hiburan Korea Selatan, baru kali inilah karyanya digilai masyarakat dunia.

Demam Gangnam Style di Selebritas Dunia

Britney Spears adalah artis yang kesekian terkena demam Gangnam Style dalam acara bincang-bincang populer Ellen De Genner Show yang disiarkan, Senin, 10 September 2012.
Tarian berkuda yang dipopulerkan penyanyi Korea Selatan, Psy, benar-benar telah menjangkiti dunia hiburan. Korban-korbannya adalah, Katy Pery, Josh Groban, Justin Bieber, hingga pembawa acara Ellen DeGenners. Mereka mengungkapkan sindrom Gangnam Style dalam akun Twitter pribadi.

Melihat kesuksesan video musik yang telah dilihat 143 juta kali di Youtube ini, Psy pun menambah kejutan penggemar. Pada 17 Agustus, ia menyatakan meluncurkan video musik baru. Judulnya "Oppa is Just My style." Tak ada yang berbeda nyata dari Gangnam Style hanya ada lirik tambahan dari penyanyi wanita, Hyun personel grup 4minute.
Kini, tak hanya digemari selebriti dunia. Pria 34 tahun itu pun siap mendunia. Ia telah meneken kontrak dengan label rekaman Island Def Jam. Perusahaan ini juga mengatur jadwal dan kiprah superstar lainnya seperti Mariah Carey dan Justin Bieber.

Selain label rekaman baru, Psy juga sudah tampil di ajang MTV Video Music Award, pada Jumat, 7 September 2012 di Los Angeles. Meskipun ia tak masuk nominasi apa pun, penyanyi berusia 34 tahun ini diundang karena kepopulerannya di dunia maya.
Psy akan menjadi tokoh hiburan Korea Selatan kedua yang menghadiri ajang MTV Music Award. Sebelumnya, ada penyanyi pop Rain yang juga hadir pada penghargaan di 2005. Karena kesibukan baru ini, Psy dijadwalkan berangkat ke Amerika pada Kamis, 6 September 2012. Lalu keesokan harinya, usai ajang MTV, Psy tetap bertahan di negara Abang Sam tersebut. Ia akan menjalani sejumlah pertunjukan selama dua pekan.

Psy saat ini masih terikat dengan YG Entertainment di Korea. Tapi untuk urusan promosi dan aktivitas di luar negeri, Psy akan diatur Island Def Jam. Island Def Jam menyatakan akan membuat ulang lagu Gangnam Style dan isu yang beredar, Justin Bieber akan ikut dalam remake lagu dengan tarian berkuda itu.

Demam Gangnam Style di Indonesia 

Gerakan dansanya yang kocak membuat orang terbahak. Virus Gangnam Style pun mendunia. Tak lebih dari dua bulan, videonya di situs YouTube berhasil mendapat lebih dari 190 juta hit!
Psy merilis lagu Korean pop (K-pop) dalam single bertajuk ‘Gangnam Style’ pada 15 Juli 2012. Humor dalam lirik lagu ini serta gaya dansa Psy yang kocak, menggelitik setiap orang yang melihat.

Gayanya ditiru, tidak hanya di seantero negerinya, namun juga ke seluruh dunia. Lagunya pun segera merajai tangga lagu Korsel, Gaon Chart. Bahkan, hanya butuh waktu dua bulan, video Gangnam Style di situs YouTube mendapatkan lebih dari 190 juta hit!
Gangnam Style sebenarnya merupakan istilah Korea untuk gaya hidup mewah di sebuah distrik di Ibukota Seoul, Gangnam. Di tempat itulah berkumpul orang-orang trendi, hip dan memiliki gaya khas.

Dalam sebuah wawancara, musisi berusia 35 tahun ini menyatakan Gangnam bisa disebut Beverly Hills-nya Korsel. Di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Beverly Hills merupakan salah satu distrik orang kaya.
“Gangnam terhormat di siang hari dan menggila saat malam. Saya suka membandingkan gadis-gadis di tempat itu. Jadi lagu ini mengenai saya sebagai pria yang tepat untuk mereka,” ujar Psy, yang nama aslinya Park Jae-sang.

Video musiknya juga amat kocak. Psy berdansa bak mengendarai kuda khayalan dan muncul di berbagai kegiatan yang dilakukan warga Gangnam. Seperti di tengah latihan yoga hingga dalam jakuzi.
Ketika pertama kali dilansir, tentu saja Psy menujukannya untuk penikmat K-pop dalam negeri. Ia berkata, tak pernah bermaksud membuat lagu ini untuk orang asing, alih-alih penikmat musik Barat.

Penggemar K-pop amat menyukai Gangnam Style dan mulai menyebarkannya lewat berbagai jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tentu saja, penikmat K-pop di luar negeri langsung memperhatikannya.
Video ini langsung mendunia begitu masuk ke AS, kiblat musik dunia. Akhirnya, bak efek bola salju, Psy dan gaya dansa lucunya langsung dikenal publik Amerika. Di dalam negeri, ia menduduki posisi puncak di berbagai tangga lagu.

Awal Agustus, media memperhatikannya. Adalah The Los Angeles Times dalam edisi 4 Agustus 2012 menyatakan, Gangnam Style tak bisa dihentikan dan segera mengambil alih dunia.
Akhir Agustus, lagu ini sudah masuk ke majalah musik ternama, Billboard, dan langung melompat delapan peringkat sekaligus di Billboard Social 50, sebuah tangga lagu mingguan.
Psy diundang ke berbagai acara televisi. Salah satunya acara bincang-bincang milik komedian Ellen DeGeneres, The Ellen DeGeneres Show, saat Psy diminta untuk langung mengajarkan dansa Gangnam kepada penyanyi pop Britney Spears.

Sebelumnya, Britney sudah menyatakan ia tergila-gila dengan Gangnam Style. ‘Bantuan’ Britney ini kian melambungkan Psy dan Gangnam Style. Apalagi, sensasi pop Justin Bieber juga tertular.
Gelombang K-pop yang sekian lama digemari muda-mudi Indonesia, merasuk kian dalam ke Amerika. Washington Post menulis, Gangnam Style membuat gaya dansa unik yang terlihat bodoh menjadi keren.

Lalu apa kata Psy yang saat ini berada di puncak? “Semuanya luar biasa. Setiap hari rasanya seperti tak nyata,” kata pria tembem yang sedang menikmati puncak singgasana iTunes, media pengunduhan untuk seluruh gadget Apple. 

Reog Bisa Kalahkan Gangnam Style

Pentolan grup band Yovie & Nuno, Yovie Widianto berpendapat, kehebatan musik Indonesia dapat melampaui musik Korea yang kini sedang naik daun. Yovie mengatakan hal itu menanggapi tren musik K-pop Gangnam Style asal Negeri Ginseng yang tengah mewabah di dunia.

Indonesia, kata Yovie, memiliki aneka ragam kesenian yang tak kalah indah dengan Gangnam Style. "Kita bisa lebih hebat dari Korea. Reog Ponorogo itu bisa kalahkan Gangnam Style kok," kata Yovie dalam sesi jumpa pers sebelum tampil dalam konser Jazz Traffick Festival 2012 di Grand City Surabaya, Sabtu malam, 24 November 2012.

Menurut musisi yang juga membidani lahirnya grup band Kahitna itu, bahasa Indonesia lebih dikenal di beberapa negara dibandingkan bahasa Korea. Jika digarap serius, musik Indonesia bisa lebih mendunia daripada Korea. "Asal didukung pemerintah," kata dia.

Meski berada di tengah gempuran berbagai genre musik, tapi Yovie tetap menganggap tidak ada kompetisi dalam bermusik. Yovie yang memiliki sejumlah project termasuk diantaranya Yovie & Nuno ini terus menjaga spirit bermusik sebagaimana ia pertama kali tampil. "Kunci spirit dalam bermusik itu adalah ketulusan," ujarnya.

Bagi Yovie, penonton bisa menikmati musik jika para musisi bermain dengan tulus, sehingga musik yang bagus datang dari hati.
Yovie bersama Yovie & Nuno merupakan satu dari 200 penampil di Jazz Traffick Festival 2012. Meski mengaku tidak berkonsentrasi pada jazz, tapi Yovie tidak keberatan jika musiknya sedikit banyak terpengaruh jazz. "Sebab musik adalah keindahan," kata Yovie.
Sumber : 1. http://www.tempo.co/read/news/2012/11/26/219444003/YovieNuno-Reog-Bisa-Kalahkan- 
                  Gangnam-Style
              2. http://id.berita.yahoo.com/demam-gangnam-style-di-selebritas-dunia-3-055859335.html
              3. http://embuntafakkur.blogspot.com/2012/09/demam-gangnam-style-di-indonesia.html
              4. http://showbiz.liputan6.com/read/437508/dunia-dilanda-demam-gangnam-style




1 komentar:

  1. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus